Rabu, 24 April 2024

Benchmarking Pengelolaan Ma’had Al-Jami’ah dan Madrasah Diniyah IAIN Kudus di Ma’had Al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

 

Benchmarking Pengelolaan Ma’had Al-Jami’ah dan Madrasah Diniyah

IAIN Kudus di Ma’had Al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung



Selasa, 23 April 2024, Ma’had Al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mendapat kunjungan kerja dari Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kudus. Kunjungan ini dalam rangka “Benchmarking Pengelolaan Ma’had Al-Jami’ah dan Madrasah Diniyah di Lingkungan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.” Kunjungan ini terbilang istimewa karena berbeda dari yang sebelum-sebelumnya. Turut serta dalam rombangan tamu dari IAIN Kudus,, Rektor IAIN Kudus, Prof. Dr. H. Abdurrohman Kasdi, Lc., M.Si., Wakil Rektor 1, 2, dan 3, Ketua SPI, Senat, Ketua Pusat Bahasa, dan Pengelola Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kudus.

Kedatangan tamu istimewa dari IAIN Kudus ini diterima langsung oleh Rektor UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. yang secara langsung menginstruksikan Mudir Ma’had Al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dr. KH. Zuhri, S.Ag., M.Si., untuk membuat undangan kepada segenap jajaran pimpinan dari masing-masing fakultas di linkungan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung untuk turut serta dalam menyambut kehadiran tamu.

Rombongan hadir di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung pada kisaran pukul 07.30 WIB yang secara langsung disambut oleh Mudir Ma’had Al-Jami’ah dan Wakil Direktur Bidang Akademik, Dr. Muhamad Fatoni, M.Pd.I. Rombongan selanjutnya melakukan kunjungan langsung ke dalam kelas pembelajaran untuk secara langsung melihat proses pembelajaran Madrasah Diniyah dari berbagai program, mulai dari Baca Tulis Al-Qur’an, Tilawah, Tahfidz, dan Kajian Kitab Turats. Pada kesempatan ini pula, para tamu berkesempatan untuk menguji secara langsung beberapa mahasantri madin dari beberapa program.

Setelah cukup berkeliling mengunjungi kelas pembelajaran, berfoto di beberapa titik, rombongan selanjutnya menuju ke gedung Rektorat Lantai III untuk melakukan audiensi. Audiensi ini diikuti oleh para pimpinan di lingkungan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, para pengelola Ma’had dan para musyrifah.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Kudus Prof. Dr. H. Abdurohman Kasdi, Lc. M.Si., menyampaikan bahwa maksud kehadirannya bersama dengan rombongan adalah untuk semakin mematangkan persiapan dalam penyelenggaraan program madin yang direncanakan akan diterapkan bagi mahasiswa baru di IAIN Kudus. Melalui Benchmarking pengelolaan Ma’had Al-Jami’ah dan Madrasah Diniyah di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, diharapkan Ma’had Kudus lebih siap dalam melaksanakan program ini.

Adapun Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. dalam sambutannya banyak bercerita tentang sejarah munculnya Madrasah Diniyah serta lika-liku perjalanannya. Munculnya program madin ini sejatinya diawali dari analisis swot yang dilakukan oleh para pimpinan terkait dengan kualitas mahasiswa. Muncul keprihatinan pasca semakin besarnya lembaga sehinga input mahasiswa UIN tidak lagi berasal dari lembaga yang berbasis agama. Input mahasiswa UIN semakin variatif sebagai imbas dari dibukanya prodi-prodi umum sehingga memungkinkan alumni SMA, dan SMK untuk maengambil program studi di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Rektor UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menjelaskan bahwa terselenggaranya kegiatan Madin sebagai program yang mapan melewati tahapan-tahapan panjang dan penuh dengan pengorbanan. Baik pengorbanan yang sifatnya finansial, maupun pengorbanan tenaga, pikiran dan keikhlasan dari semua pihak. Yang tidak kalah penting adalah kesadaran bersama bahwa program madin ini penting untuk menghasilkan lulusan UIN yang paling tidak memiliki kompetensi yang cukup minimal dalam membaca Al-Qur’an.

 

2 komentar: