MONITORING EVALUASI PELAKSANAAN
MAGANG FTIK TAHAP I 2025
![]() |
| Team Laboratorium FTIK |
Magang FTIK tahun 2025 sudah resmi berjalan, sejak
disosialisasikannya pada tanggal 12 September 2025. Setelah disosialisasikan
tahapan selanjutnya adalah mahasiswa mengambil surat pengantar ke lembaga mitra
sekaligus melakukan koordinasi terkait pelaksanaan magang yang akan mereka
jalani.
Secara umum, pelaksanaan magang FTIK 2025 tidak jauh beda dengan
pelaksanaan magang di tahun sebelumnya. Namun ada beberapa hal yang memang
mengalami perubahan sebagai bentuk ikhtiar serta inovasi untuk semakin
memperluas publikasi lembaga dan meningkatkan kualitas capaian.
Dalam hal memperluas publikasi, di tahun ini FTIK membuka dua sistem pendaftaran, yaitu reguler dan inisiatif. Pendaftaran reguler adalah sistem pendaftaran magang dimana mahasiswa memilih lokasi magang yang sebelumnya telah ditetapkan dan menjalin kerjasama dengan menandatangani MoU dengan pihak UIN Sayyid Ali Rahmatullah dan FTIK khusunya. Sementara pendaftaran inisiatif adalah sistem pendaftaran magang dimana mahasiswa dibebaskan memilih lokasi magang dengan beberapa syarat yang telah ditetapkan sebelumnya oleh pengelola Laboratorium FTIK.
Dampak dari diberlakukannya sistem pendaftaran magang inisiatif
terdapat 13 lembaga baru yang menjadi mitra dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan tahun 2025. Adapun perinciannya adalah sebagai berikut:
1.
SMAN
1 Ngadiluwih
2.
MAN
3 Kediri
3.
SMAN
1 Tanjunganom
4.
SMAN
1 Kandat
5.
MAN
2 Kediri (Kabupaten)
6.
MAN
1 Kota Kediri
7.
SMAN
1 Kesamben
8.
SMAN
Mojoagung
9.
MAN
8 Jombang
10.
SMAN
1 Ponggok
11.
SMAN
1 Mojo
12.
MAN
5 Kediri
13.
SMAN
1 Bangsal
Perlu diketahui juga bahwa jumlah peserta magang FTIK tahun 2025
totalnya adalah 1547 mahasiswa. Jumlah ini berkurang dari sebelumnya yang
mencapai kisaran 1700. Hal ini sebagai dampak dari adanya prima magang yang
diikuti oleh beberapa mahasiswa yang lolos seleksi serta mahasiswa yang
sebelumnya mengikuti asistensi mengajar di semester sebelumnya sebagai
kebijakan berlakunya kurikulum merdeka.
Diberlakukannya pendaftaran magang dengan sistem inisiatif ini,
sebaran magang FTIK menjangkau di wilayah Tulungagung, Kediri, Blitar,
Trenggalek, Nganjuk, Jombang, dan Mojokerto. Lebih luas dari sebelumnya yang
hanya berkutat di wilayah Tulungagung, Kediri, Blitar, dan Trenggalek.
Berkaitan dengan peningkatan kualitas, terdapat upaya dalam
memaksimalkan outcome dari pelaksanaan magang kali ini. Di lingkungan
Program Studi Ilmu Pendidikan penugasan yang diberikan bersifat individu,
termasuk dalam pelaksanaan Lesson Study (LS), dan penyusunan laporan.
Kebijakan ini dimaksudkan agar mahasiswa lebih mandiri, dan memiliki
tanggungjawab dalam menyelesaikan tugas. Namun, bukan berarti mengesampingkan
kerja-kerja kolektif. Kerja kolektif tetap dilakukan dalam pelaksanaan magang,
karena keberadaan mereka merupakan “duta” dari FTIK dan UIN Sayyid Ali
Rahmatullah Tulungagung.
Khusus untuk Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), pada
tahun ini tidak ditempatkan di sekolah/madrasah sebagaimana sebelumnya. Di
tahun 2025 peserta magang dari prodi MPI ditempatkan di instansi yang menaungi
sekolah dan madrasah. Ada 13 lembaga yang menjadi mitra magang FTIK di tahun
ini. Ketigabelas lembaga tersebut adalah sebagai berikut:
1.
Kemenag
Kabupaten Blitar
2.
Kemenag
Kota Blitar
3.
Kemenag
Kabupaten Trenggalek
4.
Kemenag
Kabupaten Kediri
5.
Kemenag
Kabupaten Jombang
6.
Kemenag
Kabupaten Tulungagung
7.
Kemenag
Kota Kediri
8.
Kemenag
Kabupaten Nganjuk
9.
Cabang
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Tulungagung (SMA)
10.
Dinas
Pendidikan Kabupaten Tulungagung (SD, SMP)
11.
Cabang
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Blitar (SMA)
12.
Dinas
Pendidikan Kabupaten Blitar (SD, SMP)
13.
Cabang
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Nganjuk (SMA)
Setelah pengambilan surat pengantar mahasiswa mengantarkannya ke
lembaga mitra sekaligus berkoordinasi dengan pihak lembaga terkait persiapan,
pembukaan, dan pelaksanaan. Sehubungan dengan hal ini pihak Laboratorium
melakukan monitoring awal serta evaluasi yang dilakukan dengan menyebarkan
formulir ke lembaga mitra. Fokusnya adalah memastikan bahawa surat pengantar
sudah tersampaikan, surat balasan sudah disampaikan ke pihak laboratorium,
pembukaan sudah dilaksanakan dan masukan-masukan untuk peserta magang agar
proses magang bisa berjalan dengan baik, lancar, dan memperoleh hasil maksimal.
Monitoring tersebut dibagi menjadi dua kategori yaitu, monev prodi
pendidikan dan prodi MPI. Perlu diketahui jumlah mitra prodi pendidikan
berjumlah 110 lembaga dan prodi MPI 13 lembaga. Sehingga jumlah total lembaga
mitra adalah 123 lembaga.
Hasil monev tahap awal, dari Prodi Pendidikan, lembaga yang telah
merespon sampai dengan artikel ini ditulis sebanyak 62 dari 110 lembaga. Para
peserta magang 100% telah menyerahkan surat pengantar ke lembaga mitra di pekan
pertama.
Setelah penyerahan surat pengantar ke lembaga, lembaga diharapkan
segera memberikan surat balasan ke pihak Laboratorium. Adapun surat balasan
tersebut berisi pemberian izin dan atau penolakan terkait rencana pelaksanaan
magang. Sehingga dengan sampainya surat balasan tersebut selanjutnya pihak
laboratorium bisa mengambil langkah berikutnya, jika ada penolakan dari
lembaga. Di samping itu, surat balasan juga berisi daftar yang menunjukkan
struktur pengelola magang di lembaga meliputi Kepala Sekolah/Madrasah sebagai
pimpinan, Waka Kurikulum (koordinator guru pamong) dan Guru Pamong. Hal ini
diperlukan agar proses administrasi terkait peng-HR- an segera bisa diproses di
keuangan. Jika terhambat, bisa dipastikan hak-hak pihak-pihak terkait akan
mengalami “kemoloran”. Dari respon yang masuk ditemukan bahwa 96% lembaga mitra
sudah mengirimkan dan 4% lainnya belum.
Namun, perlu dicatat bahwa 96% ini dari 62 lembaga yang sudah
merespon. Adapun sisanya, 48 yang belum merespon juga belum bisa dipastikan.
Harapan dari pihak Laboratorium tentunya segera dikirimkan sehingga tidak ada
kendala dikemudian hari.
Selanjutnya berkenaan dengan pembukaan magang, 62 lembaga yang
sudah merespon menjawab sudah. Sehingga 100% semua sudah melakukan pembukaan.
Selanjutnya jumlah rata-rata kehadiran peserta magang di lembaga
mitra. Data menunjukkan 9,7% mahasiswa masuk antara 2-3 hari perpekan, 30,6%
masuk antara 3-4 hari perpekan, dan 59,7% setiap hari.
Jumlah standar minimal kehadiran di lembaga sudah tertulis di buku
pedoman. Adapun rinciannya adalah seperti tabel berikut:
Rincian tersebut didasarkan pada bobot sks magang, yaitu 4 sks.
Namun, tentunya tidak bersifat kaku. Jika lembaga memang menginginkan agar
peserta magang bisa berkontribusi lebih, asal terjadi kesepakatan yang tidak
memberatkan sebelah pihak bisa disepakati bersama. Tentunya juga menjadi
kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan dan kompetensinya serta
dimungkinkannya untuk memperoleh pengalaman real di lapangan dan jaringan.
Selanjutnya berkaitan dengan kegiatan mahasiswa di pekan pertama
yakni observasi. Baik observasi budaya lembaga, budaya kerja, observasi
pembelajaran dan sebagainya. Dari hasil monev ditemukan bahwa 96,8% peserta
magang sudah mulai melakukan observasi. Observasi ini penting dilakukan agar
mahasiswa bisa menguasai medan, memiliki bekal dalam menyusun perangkat
pembelajaran, strategi, dan bila memungkinkan mendapatkan data awal untuk
menulis riset akhir studinya.
Pada monev kali ini, pihak laboratorium juga meminta saran dan
masukan untuk lembaga agar pelaksanaan magang di tahun berikutnya bisa lebih
maksimal. Adapun beberapa masukan diantaranya adalah sebagai berikut:
“Sosialisasi magang th 2025 beda dg th sebwlumnya, kususnya waktu
peserta magang berapa hari hadir di sekolah blm ada sosialisasi awal. Mohon
untuk memudahkan sekolah terutama guru pamong agar minimal saat pembukaan
magang sudah ada info ke sekolah
Mohon selalu memantau progress kegiatan peserta, supaya pengalaman
diperoleh sesuai yang diharapkan
Pekan pertama observasi, diskusi dengan guru pamong terkait jadwal,
ATP, dan RPP mata pelajaran yang diampu guru pamong, serta mulai melaksanakan
KBM.
Alhamdulillah peserta magang di MIN 14 sudah melaksanakan tugas
sesuai arahan dari madrasah
Sejauh ini masih aman, seiring berjalannya waktu, kita akan
berkoordinasi dengan anak-anak untuk Program berjalan baik
Sudah baik group WA berjalan sesuai harapan selain manual
monitoring(kehadiran, jurnal)
Mahasiswa sudah aktif melakukan aktifitas disekolah
Mahasiswa sudah mulai berproses dan masih berjalan dengan baik
Alhamdulillah... 1 pekan pertama berjalan dengan baik. Namun jumlah
peserta magang tidak sesuai juknis. Semoga tahun depan bisa ditambah
Alhamdulillah sejauh ini berjalan lancar.. para mahasiswa magang
sudah aktif terlibat di prgram pembiasan madrasah
Sudah berjalan lancar
Alhamdulillah semua berjalan baik
Beberapa tahun lalu, waktu pelaksanaan kurang pas, krn observasi di
semester 2 dan prakteknya di semester 1 yg mana pd madrasah kami siswa &
wali kelas (guru pamong) dirolling. Sehingga, data yg diperoleh saat observasi
tdk 100% singkron. Dan Kami rasa untuk tahun ini waktunya sangat tepat, yaitu
di semester 1, apalagi observasi & prakteknya dlm waktu yg
berkesinambungan. Terimakasih.
Mahasiswa kurang aktif berkomunikasi dengan guru pamong
Mahasiswa sudah melaksanakan program dengan baik sesuai dengan
jadwal
Secara umum pelaksanaan program Magang sudah berjalan dengan baik
Mohon buku juknis Magang
Kami berharap di pekan awal pelaksanaan magang dari penanggung
jawab magang memberikan juknis kegiatan magang, terutama timeline selama magang
berlangsung. Dengan adanya juknis kami bisa menyesuaikan kebutuhan tugas
mahasiswa dan mengatur rencana program pembelajaran selama 1 semester ini.
Mahasiswa sebaiknya dibebas tugaskan dari aktivitas kampus selama
program magang dilaksanakan. Jika bersamaan dengan program kampus, kegiatan di
madrasah harus lebih diprioritaskan atau komunikasikan dengan koordinator guru
mitra magang untuk memperoleh kebijakan khusus.
Tambahkan muatan pembelajaran mendalam dan kurikulum berbasis cinta
sesuai instruksi kemendisdasmen dan kemenag.
Kami melihat bahwa program magang ini sudah berjalan dengan baik.
Namun ada beberapa kesiapan mahasiswa yang kiranya lebih dimatangkan
Selama pekan pertama program magang di MI Al Azhaar Bandung secara
umum kegiatan telah berjalan dengan baik.
Mematuhi peraturan yang ada di lembaga mitra tanpa terkecuali.
Rajin, sopan dan supel
Sebagai koordinator guru pamong sekaligus wakil kepala bidang
kurikulum, saya menyarankan agar penanggung jawab program magang di prodi
pendidikan memperkuat koordinasi awal antara dosen pembimbing, guru pamong, dan
perwakilan mahasiswa. Rapat singkat di awal pekan dapat membantu menyamakan
persepsi mengenai target capaian, alur komunikasi, serta prosedur perizinan.
Selain itu, panduan teknis yang ringkas dan jelas akan memudahkan mahasiswa
memahami peran serta tanggung jawab mereka.
Saya rasa Pekan pertama berjalan cukup lancar, setelah pembukaan
magang langsung diikuti Perkenalkan dengan guru pamong masing-masing dan
dilanjut koordinasi observasi serta persiapan pelaksaan kbm dikelas. Ketua AM
juga berkoordinasi dengan wakur untuk menata jadwal piket mahasiswa magang
dengan durasi piket 3 hari setiap pekan
Alhamdulillah sudah berjalan dengan baik
Peserta magang sudah melaksanakan tugas sesuai kesepakatan
Karena yang tahun lalu ada magang 1&2, khusus prodi PG MI /PG
SD alangkah baiknya Satu minggu penuh, karena untuk tingkat MI / SD guru kelas
bukan mapel. Semoga ada perubahan dalam buku panduan magangnya. Mohon maaf jika
usul kami saalahunt
Komunikasi dan orientasi 1. Perkuat komunikasi di awal. 2. Perjelas
peran dan tanggung jawab 3. Adakan sesi orientasi mendalam.
Mahasiswa antusias dalam melaksanakan observasi
berikan pembekalan yang memadai, tingkatkan koordinasi dengan
sekolah, dan jadikan program yang ada sebagai bahan evaluasi; bagi sekolah,
mahasiswa maupun universitas
Mohon mahasiswa tidak terlalu sering ijin, walaupun kami sudah
memberikan ijin satu minggu 1x untuk konsultasi dengan dosen.
Sejauh ini peserta magang sudah cukup aktif dalam kegiatan belajar
mengajar disekolah kami dan mengikuti aturan disekolah kami
DPM blm menemui Lembaga untuk menyamakan persepsi.
Alhamdulillah berjalan baik, Mahasiswa Magang sangat kooperatif,
menunjukkan tanggung jawab, absensi kehadiran tertib, datang dan pulang sesuai
jadwal, sudah berkolaborasi dengan baik dalam kegiatan sekolah ( budaya
positif)
Mahasiswa sudah melaksanakan dengan tertib sesuai dengan aturan
Selalu komunikasi dan koordinasi
Mohon maaf sebelumnya, dari hasil evaluasi dari tahun sebelumnya,
sebaiknya per mahasiswa mengampu 2 rombel, sehingga bisa untuk perbandingan,
mahasiswa magang mendapat pengalaman lebih antara kelas 1 dengan yang lain.
Karena setiap rombel memiliki karakter yang berbeda, dengan begitu mahasiswa
magang akan lebih terlatih karena sering masuk kelas dan menghadapi berbagai
macam situasi siswa dan kelas (rombel)
Masing-masing peserta wajib untuk mengisi kegiatan Aktivitasku di
Link S.Id (Microside) yang sudah di siapkan madrasah untuk memudahkan
pemantauan dan koordinasi.
Untuk pekan pertama Magang di SMA Gondang bisa dikatakan tidak ada
masalah, semua masuk dan melaksanakan observasi dengan guru pamong.
Untuk sementara, kami belum memiliki masukan atau saran khusus
karena program magang di sekolah kami telah berjalan sesuai dengan jadwal yang
telah disusun. Koordinasi dan komunikasi yang baik telah terjalin antara
mahasiswa, dan dosen pembimbing, dengan pihak sekolah kami. Namun, kami akan
terus memantau dan mengevaluasi pelaksanaan program magang ini untuk memastikan
bahwa tujuan dan sasaran program dapat tercapai dengan baik. Jika ada kebutuhan
atau permasalahan yang timbul di kemudian hari, kami tidak akan ragu untuk
menghubungi dan berdiskusi dengan tim penanggung jawab program magang melalui
GWA yang ada
Sejauh ini sudah baik, namun mohon untuk tetap ada komunikasi
dengan pihak sekolah, terutama berkaitan dengan penilaian peserta magang,
pengembangan diri dsb
Sudah berjalan sesuai arahan
Selama sepekan berjalan semua berjalan baik tidak ada kendala,
adek" mahasiswa mulai bisa menyesuaikan dengan ritme kerja di lembaga kami
Sebelum mahasiswa berangkat magang sebaiknya dibekali terkait
disiplin dalam bekerja/magang.
Kasih saran ke magang supaya memaksimalkan peran sertanya di skolah
walaupun kegiatan eksul
Mohon untuk buku pandaun magangna di kirimkan bersama surat
pengantar magangn supaya kami bisa mempelajarinya sebelum mahasiswa magang
berada di mi madrasah
Mohon untuk pengiriman nama-nama mahasiswa juga dlm bentuk file.
Khawatir penulisan nama dan NIM ada kekeliruan
Alhamdulillah magang sudah mulai berjalan sejak jumat, 26 September
2025,,dalam beberapa hari ini mahasiswa magang sangat tertib dan disiplin,
sudah aktif komunikasi dg guru pamong dan dekat dengan anak-anak.
Sudah dilaksanakan sesuai kesepakatan awal
Alhamdulillah cukup baik
Kami sampaikan terima kasih atas kepercayaan dari penanggung jawab
magang beserta seluruh civitas akademika UIN Satu Tulungagung kepada kami,
semoga kedepan senantiasa dapat memberikan lebih banyak manfaat bagi kedua
belah pihak atas silaturahmi yang erat ini. Kami mengharapkan adanya komunikasi
yang lebih intens dari perwakilan penanggung jawab magang (dosen pembimbing)
untuk senantiasa memberikan kami arahan dalam mendampingi para peserta magang.
Sudah cukup baik.
1. Jumlah peserta laki laki untuk kedepan mohon di tambah. Di
madrasah kami hanya 1 dari 16 seluruhnya. 2. Mohon untuk ke depan tidak ada
mahasiswa yg mengambil mata kuliah pada saat program magang 3. Jumlah minimal
masuk kelas mohon. Di tambah
Monitoring dan Evaluasi Berkala: Lakukan monitoring dan evaluasi
secara berkala terhadap kinerja peserta magang dan keberlangsungan program di
instansi mitra. Hal ini dapat membantu mengidentifikasi potensi masalah dan
memberikan solusi yang cepat.
Selama sepekan program magang berjalan lancar.
Untuk sementara saran nihil
Sudah bagus jdi tidak ada saran dan masukan, lanjutkan
Masukan dan saran-saran tersebut penting untuk memajukan pengelola
laboratorium tentunya untuk lebih mempersiapkan program magang ke depan yang
lebih maksimal. Di samping tentunya untuk mengambil kebijakan lebih lanjut di
kemudian hari.
Adapun untuk peserta magang terdapat masukan-masukan sebagai
berikut:
Magang disekolah sebaiknya full time sesuai hari kerja sekolah
Alhamdulillah, peserta cepat beradaptasi dan selalu koordinasi
Dimohon peserta magang untuk tertib, disiplin, dan melaksanakan
kegiatan magang sesuai dengan aturan yang telah ditentukan dari madrasah.
Selama ini belum ada masalah di lembaga kami, peserta magang datang
tepat waktu dan sudah menjalankan tugas masing-masing.
Sampai saat ini alhamdulillah peserta magang berproses baik
Belum ada
Sudah bagus
Sementara belum ada, karena masih proses.
Alhamdulillah semua peserta magang selalu welcome dengan setiap
program kami. Trimakasih.
Alhamdulillah sudah berjalan baik dan tertib
Alhamdulillah semua berjalan baik, karena kami selalu berkoordinasi
dengan mahasiswa
Alhamdulillah, peserta magang di madrasah kami sopan, tertib, mudah
adaptasi dan bersosial.
Agar mahasiswa lebih pro aktive dengan guru pamong
Mahasiswa harus lebih aktif dengan guru pamong perihal persiapan
belajar mengajar
Secara umum peserta magang sudah baik dalam melaksanakan kegiatan
Magang
Datang tepat waktu. Melaksanakan tugas-tugas sesuai kesepakatan.
Memberitahukan ketidakhadiran melalui surat izin atau dispensasi Wajib
mengikuti Upacara Bendera setiap hari Senin
Program magang memberi kesempatan mahasiswa untuk melihat dan
terlibat secara langsung dalam lingkungan pendidikan. Harapan kami mahasiswa
lebih proaktif baik secara komunikasi dengan warga sekolah maupun terlibat
secara langsung dengan kegiatan atau program sekolah.
Ikutilah semua aturan yang ditetapkan oleh madrasah dan
berkomunikasi dengan guru pamong atau koordinator jika ada kendala saat magang
berlangsung.
Laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh. Jangan sia-siakan waktu
belajar yang singkat ini. Unduhlah ilmu dan serap sebanyak-banyaknya. Jadikan
sebagai modal menjadi pendidik yang moderatda memahami kebutuhan peserta didik.
Mahasiswa magang diharapkan bisa mengikuti tata tertib maupun jam
operasional kantor yang berlaku di lembaga mitra. Lebih disiplin dan kesiapan
diri mencari pengalaman sebanyak banyaknya
Selama pekan pertama ini mahasiswa magang sudah bagus. Datang tepat
waktu dan juga sopan dan ramah dalam berperilaku.
Mematuhi peraturan yang ada di lembaga mitra tanpa terkecuali.
Rajin, sopan dan supel
Kepada para peserta magang, saya berpesan untuk selalu menjaga
profesionalisme dan kedisiplinan. Tunjukkan sikap proaktif dengan tidak hanya
menunggu instruksi, melainkan aktif berdiskusi dengan guru pamong, menawarkan
bantuan, dan mencari peluang belajar. Bangun kerja sama yang baik dengan guru,
staf, maupun rekan sesama peserta magang, serta segera menyesuaikan diri dengan
budaya kerja dan tata tertib yang berlaku di lingkungan madrasah. Selain itu,
biasakan membuat catatan harian berisi kegiatan, pembelajaran, dan ide
perbaikan, serta dokumentasikan pengalaman penting sebagai bahan laporan akhir
dan portofolio. Dengan koordinasi yang intensif dari pihak penyelenggara dan
sikap proaktif peserta, program magang prodi pendidikan ini diharapkan dapat
berjalan lebih baik, lancar, dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna.
1. Laksanakan tugas tepat waktu & dengan penuh tanggung jawab,
meskipun terlihat sederhana. 2. Menjaga nama baik almamater dengan selalu
bersikap positif, sopan santun dan penampilan yang rapi. 3. Berinisiatif
menawarkan bantuan atau bertanya jika ada yang belum dipahami. 4. Sampaikan
laporan, kendala, atau perkembangan tugas secara terbuka kepada guru pamong
atau koordinator guru pamong.
Peserta Magang supaya lebih aktif koordinasi tentang kegiatan
pembelajaran sehari hari di sekolah.
Mohon agar mahasiswa magang melaksanakan kesepakan yang sudah
disampaikan waktu pembukaan, dan mengutamakan waktu praktek dengan kegiatan
pribadi yang lain.
Untuk lembaga kami tertibb dan terkendali
Selama pelaksanaan magang A. Sikap dan etika 1. Disiplin dan
profesional. 2. Inisiatif dan proaktif. 3. Sikap sopan dan ramah. B. Interaksi
dan komunikasi 1. Bangun hubungan baik. 2. Jangan malu bertanya. 3. Dengarkan
dan pelajari C. Pelaksanaan tugas 1. Pahami deskripsi pekerjaan. 2. Bertanggung
jawab dan tepat waktu. I 3. Terbuka terhadap umpan balik
Tagihan pembelajaran dr kampus seharusnya lebih banyak, tidak hanya
4 Rpp karena biasanya mahasiswa mengikuti juknis kampus.
jaga sikap, komunikasi aktif, manfaatkan waktu secara efektif, dan
tingkatkan kerjasama;
Mengajar sesuai dengan jam yangvsudah diberikan oleh guru
pembimbing
Tetap mematuhi aturan yang berlaku disekolahan yg ditempati dan
menjaga adab dan perilaku setiap peserta magang dengan baik agar terjalin
hubungan yang lebih baik dengan pihak sekolah dan guru gurunya
Alhamdulillah sudah bagus, sesuai standart ketentuan lembaga
Dosen pamong bisa datang melihat progres pencapaian mahasiswa,
minimal sebulan sekali utk refleksi bersama terimakasih.
Untuk yang piket kebiasan menyambut datang siswa datangnya
mahasiswa kurang pagi
Ditambah lagi ketertiban kerapian kebersihan dan kekompakan
Disiplin, integritas tinggi, loyalitas, proaktif di semua kegiatan
madrasah karena ini adalah kesempatan untuk mendapatkan pengalaman di lapangan,
santun, dan menjujung tata tertib dimanapun berada karena setiap lembaga
memiliki peraturan yang berbeda.
Sering berkoordinasi dengan Guru Pembimbing Magang
Mohon penjelasan, ketika Dosen Pendamping (Ibu ST Noer Farida)
memberikan sambutan, beliau menyampaikan mahasiswa ada 1 hari utk sempro
selebihnya fokus magang , tetapi mahasiswa menyampaikan setelah sempro lanjut
bimbingan skripsi.
Untuk memastikan proses magang berjalan dengan baik dan lancar,
kami sarankan agar peserta magang : 1. Memiliki komunikasi yang efektif dengan
pembimbing, guru pamong dan staf instansi. 2. Mengikuti jadwal dan aturan yang
telah disepakati. 3. Aktif dalam mencari pengalaman dan pengetahuan baru. 4.
Mencatat dan merefleksikan pengalaman magang secara teratur. 5. Berani bertanya
dan meminta bantuan jika diperlukan.
Tetap menjaga adab dan etika. Selain itu mohon bersikap aktif dalam
magang seperti sering komunikasi dengan guru pamong. Selain itu jangan sungkan
utk bertanya kepada guru pamong atau guru yg berwenang apabila ada yg belum
dimengerti/dipahami atau utk pengembangan dirinya
Untuk serius dalam melaksanakan magang
Mahasiswa magang baiknya tidak menunggu informasi dari kami, Tidak
hanya mengajar di kelas tapi membantu segala administrasi sekolah dan mengikuti
semua kegiatan yang ada disekolah, agar lebih akrab dan layaknya bekerja.
Gunakan metode2 pembelajaran yg up to date
Tingkatkan kepedulain, pembimbingan, pengarahan kepada siswa karena
mahasiswa magang sudah menjadi bagian penting dari madrasah saat melaksanakan
magang
Mohon untuk mahasiswa magang lebih disiplin lagi menjalankan tugas
di madrasah
Sementara ini sudah baik, akan saya kumpulkan setiap hari rabu
untuk evaluasi, sebagaimana peserta magang sebelumnya,,,
Peserta magang sebaiknya tetap mengikuti peraturan sekolah sampai
pada akhir waktu magang yg telah ditentukan
Alhamdulillah cukup baik
Kami sampaikan selamat datang bagi seluruh peserta magang, kami
berharap kehadiran dari seluruh peserta magang pada lembaga kami dapat
memberikan warna baru, ilmu baru, teman baru, guru baru dan pengalaman baru
yang manfaat dan barokah, juga kami sampaikan kepada seluruh peserta magang
untuk selalu semangat, yakin dan percaya diri, eksplore semaksimal mungkin
untuk mempersiapkan diri menjadi calon pendidik yang sering kita sebut dengan
“Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”
Ditempat magang adalah tempat untuk belajar & mencari
pengalaman yang sebanyak-banyaknya. Jadi, jangan takut untuk mencoba berkreasi
& bertanya. Jangan takut gagal, tapi takutlah jika belum mencoba. Semoga
pengalaman & kesempatan ini, menjadikan pendidik yang berkarakter dan
berkompeten nantinya.
Proaktif dan Inisiatif: Bersikap proaktif dalam mencari tugas dan
inisiatif dalam membantu pekerjaan di instansi mitra. Jangan menunggu
instruksi, tetapi tunjukkan semangat belajar dan berkontribusi.
Belum ada karena terlaksana dengan lancar
Untuk sementara saran nihil
Untuk sementara ini tidak ada.
Adapun untuk Prodi MPI sampai artikel ini dirilis belum ada yang mengisi monev. Hal ini bisa dimaklumi karena sebagian memang masih ada mahasiswa dari fakultas berbeda yang magang di lembaga sehingga belum dimungkinkan untuk memulai magang FTIK. Namun, dari pantauan laboratorium sudah ada beberapa yang melaksanakan pembukaan, seperti di Kemenag Nganjuk, Kemenag Kota Kediri, Cabdin Wilayah Blitar, dan Dinas Blitar.
Semoga sukses, lancar, dan maksimal
magangnya.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar