Rabu, 01 Oktober 2025

MONITORING EVALUASI PELAKSANAAN MAGANG FTIK TAHAP I 2025

 

MONITORING EVALUASI PELAKSANAAN

MAGANG FTIK TAHAP I 2025

Team Laboratorium FTIK
 

Magang FTIK tahun 2025 sudah resmi berjalan, sejak disosialisasikannya pada tanggal 12 September 2025. Setelah disosialisasikan tahapan selanjutnya adalah mahasiswa mengambil surat pengantar ke lembaga mitra sekaligus melakukan koordinasi terkait pelaksanaan magang yang akan mereka jalani.

Secara umum, pelaksanaan magang FTIK 2025 tidak jauh beda dengan pelaksanaan magang di tahun sebelumnya. Namun ada beberapa hal yang memang mengalami perubahan sebagai bentuk ikhtiar serta inovasi untuk semakin memperluas publikasi lembaga dan meningkatkan kualitas capaian.

Dalam hal memperluas publikasi, di tahun ini FTIK membuka dua sistem pendaftaran, yaitu reguler dan inisiatif. Pendaftaran reguler adalah sistem pendaftaran magang dimana mahasiswa memilih lokasi magang yang sebelumnya telah ditetapkan dan menjalin kerjasama dengan menandatangani MoU dengan pihak UIN Sayyid Ali Rahmatullah dan FTIK khusunya. Sementara pendaftaran inisiatif adalah sistem pendaftaran magang dimana mahasiswa dibebaskan memilih lokasi magang dengan beberapa syarat yang telah ditetapkan sebelumnya oleh pengelola Laboratorium FTIK.

Dampak dari diberlakukannya sistem pendaftaran magang inisiatif terdapat 13 lembaga baru yang menjadi mitra dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan tahun 2025. Adapun perinciannya adalah sebagai berikut:

1.     SMAN 1 Ngadiluwih

2.     MAN 3 Kediri

3.     SMAN 1 Tanjunganom

4.     SMAN 1 Kandat

5.     MAN 2 Kediri (Kabupaten)

6.     MAN 1 Kota Kediri

7.     SMAN 1 Kesamben

8.     SMAN Mojoagung

9.     MAN 8 Jombang

10.  SMAN 1 Ponggok

11.  SMAN 1 Mojo

12.  MAN 5 Kediri

13.  SMAN 1 Bangsal

Perlu diketahui juga bahwa jumlah peserta magang FTIK tahun 2025 totalnya adalah 1547 mahasiswa. Jumlah ini berkurang dari sebelumnya yang mencapai kisaran 1700. Hal ini sebagai dampak dari adanya prima magang yang diikuti oleh beberapa mahasiswa yang lolos seleksi serta mahasiswa yang sebelumnya mengikuti asistensi mengajar di semester sebelumnya sebagai kebijakan berlakunya kurikulum merdeka.

Diberlakukannya pendaftaran magang dengan sistem inisiatif ini, sebaran magang FTIK menjangkau di wilayah Tulungagung, Kediri, Blitar, Trenggalek, Nganjuk, Jombang, dan Mojokerto. Lebih luas dari sebelumnya yang hanya berkutat di wilayah Tulungagung, Kediri, Blitar, dan Trenggalek.

Berkaitan dengan peningkatan kualitas, terdapat upaya dalam memaksimalkan outcome dari pelaksanaan magang kali ini. Di lingkungan Program Studi Ilmu Pendidikan penugasan yang diberikan bersifat individu, termasuk dalam pelaksanaan Lesson Study (LS), dan penyusunan laporan. Kebijakan ini dimaksudkan agar mahasiswa lebih mandiri, dan memiliki tanggungjawab dalam menyelesaikan tugas. Namun, bukan berarti mengesampingkan kerja-kerja kolektif. Kerja kolektif tetap dilakukan dalam pelaksanaan magang, karena keberadaan mereka merupakan “duta” dari FTIK dan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Khusus untuk Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), pada tahun ini tidak ditempatkan di sekolah/madrasah sebagaimana sebelumnya. Di tahun 2025 peserta magang dari prodi MPI ditempatkan di instansi yang menaungi sekolah dan madrasah. Ada 13 lembaga yang menjadi mitra magang FTIK di tahun ini. Ketigabelas lembaga tersebut adalah sebagai berikut:

1.     Kemenag Kabupaten Blitar

2.     Kemenag Kota Blitar

3.     Kemenag Kabupaten Trenggalek

4.     Kemenag Kabupaten Kediri

5.     Kemenag Kabupaten Jombang

6.     Kemenag Kabupaten Tulungagung

7.     Kemenag Kota Kediri

8.     Kemenag Kabupaten Nganjuk

9.     Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Tulungagung (SMA)

10.  Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung (SD, SMP)

11.  Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Blitar (SMA)

12.  Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar (SD, SMP)

13.  Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Nganjuk (SMA)

Setelah pengambilan surat pengantar mahasiswa mengantarkannya ke lembaga mitra sekaligus berkoordinasi dengan pihak lembaga terkait persiapan, pembukaan, dan pelaksanaan. Sehubungan dengan hal ini pihak Laboratorium melakukan monitoring awal serta evaluasi yang dilakukan dengan menyebarkan formulir ke lembaga mitra. Fokusnya adalah memastikan bahawa surat pengantar sudah tersampaikan, surat balasan sudah disampaikan ke pihak laboratorium, pembukaan sudah dilaksanakan dan masukan-masukan untuk peserta magang agar proses magang bisa berjalan dengan baik, lancar, dan memperoleh hasil maksimal.

Monitoring tersebut dibagi menjadi dua kategori yaitu, monev prodi pendidikan dan prodi MPI. Perlu diketahui jumlah mitra prodi pendidikan berjumlah 110 lembaga dan prodi MPI 13 lembaga. Sehingga jumlah total lembaga mitra adalah 123 lembaga.

Hasil monev tahap awal, dari Prodi Pendidikan, lembaga yang telah merespon sampai dengan artikel ini ditulis sebanyak 62 dari 110 lembaga. Para peserta magang 100% telah menyerahkan surat pengantar ke lembaga mitra di pekan pertama.

Forms response chart. Question title: Apakah peserta magang sudah menyerahkan surat pengantar ke sekolah/madrasah?. Number of responses: 62 responses.

Setelah penyerahan surat pengantar ke lembaga, lembaga diharapkan segera memberikan surat balasan ke pihak Laboratorium. Adapun surat balasan tersebut berisi pemberian izin dan atau penolakan terkait rencana pelaksanaan magang. Sehingga dengan sampainya surat balasan tersebut selanjutnya pihak laboratorium bisa mengambil langkah berikutnya, jika ada penolakan dari lembaga. Di samping itu, surat balasan juga berisi daftar yang menunjukkan struktur pengelola magang di lembaga meliputi Kepala Sekolah/Madrasah sebagai pimpinan, Waka Kurikulum (koordinator guru pamong) dan Guru Pamong. Hal ini diperlukan agar proses administrasi terkait peng-HR- an segera bisa diproses di keuangan. Jika terhambat, bisa dipastikan hak-hak pihak-pihak terkait akan mengalami “kemoloran”. Dari respon yang masuk ditemukan bahwa 96% lembaga mitra sudah mengirimkan dan 4% lainnya belum.

Forms response chart. Question title: Apakah sekolah/madrasah sudah mengirimkan surat balasan ke pihak Laboratorium?. Number of responses: 62 responses.

Namun, perlu dicatat bahwa 96% ini dari 62 lembaga yang sudah merespon. Adapun sisanya, 48 yang belum merespon juga belum bisa dipastikan. Harapan dari pihak Laboratorium tentunya segera dikirimkan sehingga tidak ada kendala dikemudian hari.

Selanjutnya berkenaan dengan pembukaan magang, 62 lembaga yang sudah merespon menjawab sudah. Sehingga 100% semua sudah melakukan pembukaan.

Forms response chart. Question title: Apakah di sekolah/madrasah sudah dilaksanakan pembukaan magang?. Number of responses: 62 responses.

Selanjutnya jumlah rata-rata kehadiran peserta magang di lembaga mitra. Data menunjukkan 9,7% mahasiswa masuk antara 2-3 hari perpekan, 30,6% masuk antara 3-4 hari perpekan, dan 59,7% setiap hari.

Forms response chart. Question title: Sesuai dengan kesepakatan sekolah/madrasah dengan peserta magang, berapa hari mereka harus hadir di sekolah?. Number of responses: 62 responses.

Jumlah standar minimal kehadiran di lembaga sudah tertulis di buku pedoman. Adapun rinciannya adalah seperti tabel berikut:

Rincian tersebut didasarkan pada bobot sks magang, yaitu 4 sks. Namun, tentunya tidak bersifat kaku. Jika lembaga memang menginginkan agar peserta magang bisa berkontribusi lebih, asal terjadi kesepakatan yang tidak memberatkan sebelah pihak bisa disepakati bersama. Tentunya juga menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan dan kompetensinya serta dimungkinkannya untuk memperoleh pengalaman real di lapangan dan jaringan.

Selanjutnya berkaitan dengan kegiatan mahasiswa di pekan pertama yakni observasi. Baik observasi budaya lembaga, budaya kerja, observasi pembelajaran dan sebagainya. Dari hasil monev ditemukan bahwa 96,8% peserta magang sudah mulai melakukan observasi. Observasi ini penting dilakukan agar mahasiswa bisa menguasai medan, memiliki bekal dalam menyusun perangkat pembelajaran, strategi, dan bila memungkinkan mendapatkan data awal untuk menulis riset akhir studinya.

Forms response chart. Question title: Apakah peserta magang sudah memulai melaksanakan observasi (budaya sekolah/madrasah dan atau di kelas pembelajaran) di di sekolah/madrasah Bapak/Ibu?. Number of responses: 62 responses.

Pada monev kali ini, pihak laboratorium juga meminta saran dan masukan untuk lembaga agar pelaksanaan magang di tahun berikutnya bisa lebih maksimal. Adapun beberapa masukan diantaranya adalah sebagai berikut:

“Sosialisasi magang th 2025 beda dg th sebwlumnya, kususnya waktu peserta magang berapa hari hadir di sekolah blm ada sosialisasi awal. Mohon untuk memudahkan sekolah terutama guru pamong agar minimal saat pembukaan magang sudah ada info ke sekolah

Mohon selalu memantau progress kegiatan peserta, supaya pengalaman diperoleh sesuai yang diharapkan

Pekan pertama observasi, diskusi dengan guru pamong terkait jadwal, ATP, dan RPP mata pelajaran yang diampu guru pamong, serta mulai melaksanakan KBM.

Alhamdulillah peserta magang di MIN 14 sudah melaksanakan tugas sesuai arahan dari madrasah

Sejauh ini masih aman, seiring berjalannya waktu, kita akan berkoordinasi dengan anak-anak untuk Program berjalan baik

Sudah baik group WA berjalan sesuai harapan selain manual monitoring(kehadiran, jurnal)

Mahasiswa sudah aktif melakukan aktifitas disekolah

Mahasiswa sudah mulai berproses dan masih berjalan dengan baik

Alhamdulillah... 1 pekan pertama berjalan dengan baik. Namun jumlah peserta magang tidak sesuai juknis. Semoga tahun depan bisa ditambah

Alhamdulillah sejauh ini berjalan lancar.. para mahasiswa magang sudah aktif terlibat di prgram pembiasan madrasah

Sudah berjalan lancar

Alhamdulillah semua berjalan baik

Beberapa tahun lalu, waktu pelaksanaan kurang pas, krn observasi di semester 2 dan prakteknya di semester 1 yg mana pd madrasah kami siswa & wali kelas (guru pamong) dirolling. Sehingga, data yg diperoleh saat observasi tdk 100% singkron. Dan Kami rasa untuk tahun ini waktunya sangat tepat, yaitu di semester 1, apalagi observasi & prakteknya dlm waktu yg berkesinambungan. Terimakasih.

Mahasiswa kurang aktif berkomunikasi dengan guru pamong

Mahasiswa sudah melaksanakan program dengan baik sesuai dengan jadwal

Secara umum pelaksanaan program Magang sudah berjalan dengan baik

Mohon buku juknis Magang

Kami berharap di pekan awal pelaksanaan magang dari penanggung jawab magang memberikan juknis kegiatan magang, terutama timeline selama magang berlangsung. Dengan adanya juknis kami bisa menyesuaikan kebutuhan tugas mahasiswa dan mengatur rencana program pembelajaran selama 1 semester ini.

Mahasiswa sebaiknya dibebas tugaskan dari aktivitas kampus selama program magang dilaksanakan. Jika bersamaan dengan program kampus, kegiatan di madrasah harus lebih diprioritaskan atau komunikasikan dengan koordinator guru mitra magang untuk memperoleh kebijakan khusus.

Tambahkan muatan pembelajaran mendalam dan kurikulum berbasis cinta sesuai instruksi kemendisdasmen dan kemenag.

Kami melihat bahwa program magang ini sudah berjalan dengan baik. Namun ada beberapa kesiapan mahasiswa yang kiranya lebih dimatangkan

Selama pekan pertama program magang di MI Al Azhaar Bandung secara umum kegiatan telah berjalan dengan baik.

Mematuhi peraturan yang ada di lembaga mitra tanpa terkecuali. Rajin, sopan dan supel

Sebagai koordinator guru pamong sekaligus wakil kepala bidang kurikulum, saya menyarankan agar penanggung jawab program magang di prodi pendidikan memperkuat koordinasi awal antara dosen pembimbing, guru pamong, dan perwakilan mahasiswa. Rapat singkat di awal pekan dapat membantu menyamakan persepsi mengenai target capaian, alur komunikasi, serta prosedur perizinan. Selain itu, panduan teknis yang ringkas dan jelas akan memudahkan mahasiswa memahami peran serta tanggung jawab mereka.

Saya rasa Pekan pertama berjalan cukup lancar, setelah pembukaan magang langsung diikuti Perkenalkan dengan guru pamong masing-masing dan dilanjut koordinasi observasi serta persiapan pelaksaan kbm dikelas. Ketua AM juga berkoordinasi dengan wakur untuk menata jadwal piket mahasiswa magang dengan durasi piket 3 hari setiap pekan

Alhamdulillah sudah berjalan dengan baik

Peserta magang sudah melaksanakan tugas sesuai kesepakatan

Karena yang tahun lalu ada magang 1&2, khusus prodi PG MI /PG SD alangkah baiknya Satu minggu penuh, karena untuk tingkat MI / SD guru kelas bukan mapel. Semoga ada perubahan dalam buku panduan magangnya. Mohon maaf jika usul kami saalahunt

Komunikasi dan orientasi 1. Perkuat komunikasi di awal. 2. Perjelas peran dan tanggung jawab 3. Adakan sesi orientasi mendalam.

Mahasiswa antusias dalam melaksanakan observasi

berikan pembekalan yang memadai, tingkatkan koordinasi dengan sekolah, dan jadikan program yang ada sebagai bahan evaluasi; bagi sekolah, mahasiswa maupun universitas

Mohon mahasiswa tidak terlalu sering ijin, walaupun kami sudah memberikan ijin satu minggu 1x untuk konsultasi dengan dosen.

Sejauh ini peserta magang sudah cukup aktif dalam kegiatan belajar mengajar disekolah kami dan mengikuti aturan disekolah kami

DPM blm menemui Lembaga untuk menyamakan persepsi.

Alhamdulillah berjalan baik, Mahasiswa Magang sangat kooperatif, menunjukkan tanggung jawab, absensi kehadiran tertib, datang dan pulang sesuai jadwal, sudah berkolaborasi dengan baik dalam kegiatan sekolah ( budaya positif)

Mahasiswa sudah melaksanakan dengan tertib sesuai dengan aturan

Selalu komunikasi dan koordinasi

Mohon maaf sebelumnya, dari hasil evaluasi dari tahun sebelumnya, sebaiknya per mahasiswa mengampu 2 rombel, sehingga bisa untuk perbandingan, mahasiswa magang mendapat pengalaman lebih antara kelas 1 dengan yang lain. Karena setiap rombel memiliki karakter yang berbeda, dengan begitu mahasiswa magang akan lebih terlatih karena sering masuk kelas dan menghadapi berbagai macam situasi siswa dan kelas (rombel)

Masing-masing peserta wajib untuk mengisi kegiatan Aktivitasku di Link S.Id (Microside) yang sudah di siapkan madrasah untuk memudahkan pemantauan dan koordinasi.

Untuk pekan pertama Magang di SMA Gondang bisa dikatakan tidak ada masalah, semua masuk dan melaksanakan observasi dengan guru pamong.

Untuk sementara, kami belum memiliki masukan atau saran khusus karena program magang di sekolah kami telah berjalan sesuai dengan jadwal yang telah disusun. Koordinasi dan komunikasi yang baik telah terjalin antara mahasiswa, dan dosen pembimbing, dengan pihak sekolah kami. Namun, kami akan terus memantau dan mengevaluasi pelaksanaan program magang ini untuk memastikan bahwa tujuan dan sasaran program dapat tercapai dengan baik. Jika ada kebutuhan atau permasalahan yang timbul di kemudian hari, kami tidak akan ragu untuk menghubungi dan berdiskusi dengan tim penanggung jawab program magang melalui GWA yang ada

Sejauh ini sudah baik, namun mohon untuk tetap ada komunikasi dengan pihak sekolah, terutama berkaitan dengan penilaian peserta magang, pengembangan diri dsb

Sudah berjalan sesuai arahan

Selama sepekan berjalan semua berjalan baik tidak ada kendala, adek" mahasiswa mulai bisa menyesuaikan dengan ritme kerja di lembaga kami

Sebelum mahasiswa berangkat magang sebaiknya dibekali terkait disiplin dalam bekerja/magang.

Kasih saran ke magang supaya memaksimalkan peran sertanya di skolah walaupun kegiatan eksul

Mohon untuk buku pandaun magangna di kirimkan bersama surat pengantar magangn supaya kami bisa mempelajarinya sebelum mahasiswa magang berada di mi madrasah

Mohon untuk pengiriman nama-nama mahasiswa juga dlm bentuk file. Khawatir penulisan nama dan NIM ada kekeliruan

Alhamdulillah magang sudah mulai berjalan sejak jumat, 26 September 2025,,dalam beberapa hari ini mahasiswa magang sangat tertib dan disiplin, sudah aktif komunikasi dg guru pamong dan dekat dengan anak-anak.

Sudah dilaksanakan sesuai kesepakatan awal

Alhamdulillah cukup baik

Kami sampaikan terima kasih atas kepercayaan dari penanggung jawab magang beserta seluruh civitas akademika UIN Satu Tulungagung kepada kami, semoga kedepan senantiasa dapat memberikan lebih banyak manfaat bagi kedua belah pihak atas silaturahmi yang erat ini. Kami mengharapkan adanya komunikasi yang lebih intens dari perwakilan penanggung jawab magang (dosen pembimbing) untuk senantiasa memberikan kami arahan dalam mendampingi para peserta magang.

Sudah cukup baik.

1. Jumlah peserta laki laki untuk kedepan mohon di tambah. Di madrasah kami hanya 1 dari 16 seluruhnya. 2. Mohon untuk ke depan tidak ada mahasiswa yg mengambil mata kuliah pada saat program magang 3. Jumlah minimal masuk kelas mohon. Di tambah

Monitoring dan Evaluasi Berkala: Lakukan monitoring dan evaluasi secara berkala terhadap kinerja peserta magang dan keberlangsungan program di instansi mitra. Hal ini dapat membantu mengidentifikasi potensi masalah dan memberikan solusi yang cepat.

Selama sepekan program magang berjalan lancar.

Untuk sementara saran nihil

Sudah bagus jdi tidak ada saran dan masukan, lanjutkan

 

Masukan dan saran-saran tersebut penting untuk memajukan pengelola laboratorium tentunya untuk lebih mempersiapkan program magang ke depan yang lebih maksimal. Di samping tentunya untuk mengambil kebijakan lebih lanjut di kemudian hari.

Adapun untuk peserta magang terdapat masukan-masukan sebagai berikut:

Magang disekolah sebaiknya full time sesuai hari kerja sekolah

Alhamdulillah, peserta cepat beradaptasi dan selalu koordinasi

Dimohon peserta magang untuk tertib, disiplin, dan melaksanakan kegiatan magang sesuai dengan aturan yang telah ditentukan dari madrasah.

Selama ini belum ada masalah di lembaga kami, peserta magang datang tepat waktu dan sudah menjalankan tugas masing-masing.

Sampai saat ini alhamdulillah peserta magang berproses baik

Belum ada

Sudah bagus

Sementara belum ada, karena masih proses.

Alhamdulillah semua peserta magang selalu welcome dengan setiap program kami. Trimakasih.

Alhamdulillah sudah berjalan baik dan tertib

Alhamdulillah semua berjalan baik, karena kami selalu berkoordinasi dengan mahasiswa

Alhamdulillah, peserta magang di madrasah kami sopan, tertib, mudah adaptasi dan bersosial.

Agar mahasiswa lebih pro aktive dengan guru pamong

Mahasiswa harus lebih aktif dengan guru pamong perihal persiapan belajar mengajar

Secara umum peserta magang sudah baik dalam melaksanakan kegiatan Magang

Datang tepat waktu. Melaksanakan tugas-tugas sesuai kesepakatan. Memberitahukan ketidakhadiran melalui surat izin atau dispensasi Wajib mengikuti Upacara Bendera setiap hari Senin

Program magang memberi kesempatan mahasiswa untuk melihat dan terlibat secara langsung dalam lingkungan pendidikan. Harapan kami mahasiswa lebih proaktif baik secara komunikasi dengan warga sekolah maupun terlibat secara langsung dengan kegiatan atau program sekolah.

Ikutilah semua aturan yang ditetapkan oleh madrasah dan berkomunikasi dengan guru pamong atau koordinator jika ada kendala saat magang berlangsung.

Laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh. Jangan sia-siakan waktu belajar yang singkat ini. Unduhlah ilmu dan serap sebanyak-banyaknya. Jadikan sebagai modal menjadi pendidik yang moderatda memahami kebutuhan peserta didik.

Mahasiswa magang diharapkan bisa mengikuti tata tertib maupun jam operasional kantor yang berlaku di lembaga mitra. Lebih disiplin dan kesiapan diri mencari pengalaman sebanyak banyaknya

Selama pekan pertama ini mahasiswa magang sudah bagus. Datang tepat waktu dan juga sopan dan ramah dalam berperilaku.

Mematuhi peraturan yang ada di lembaga mitra tanpa terkecuali. Rajin, sopan dan supel

Kepada para peserta magang, saya berpesan untuk selalu menjaga profesionalisme dan kedisiplinan. Tunjukkan sikap proaktif dengan tidak hanya menunggu instruksi, melainkan aktif berdiskusi dengan guru pamong, menawarkan bantuan, dan mencari peluang belajar. Bangun kerja sama yang baik dengan guru, staf, maupun rekan sesama peserta magang, serta segera menyesuaikan diri dengan budaya kerja dan tata tertib yang berlaku di lingkungan madrasah. Selain itu, biasakan membuat catatan harian berisi kegiatan, pembelajaran, dan ide perbaikan, serta dokumentasikan pengalaman penting sebagai bahan laporan akhir dan portofolio. Dengan koordinasi yang intensif dari pihak penyelenggara dan sikap proaktif peserta, program magang prodi pendidikan ini diharapkan dapat berjalan lebih baik, lancar, dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna.

1. Laksanakan tugas tepat waktu & dengan penuh tanggung jawab, meskipun terlihat sederhana. 2. Menjaga nama baik almamater dengan selalu bersikap positif, sopan santun dan penampilan yang rapi. 3. Berinisiatif menawarkan bantuan atau bertanya jika ada yang belum dipahami. 4. Sampaikan laporan, kendala, atau perkembangan tugas secara terbuka kepada guru pamong atau koordinator guru pamong.

Peserta Magang supaya lebih aktif koordinasi tentang kegiatan pembelajaran sehari hari di sekolah.

Mohon agar mahasiswa magang melaksanakan kesepakan yang sudah disampaikan waktu pembukaan, dan mengutamakan waktu praktek dengan kegiatan pribadi yang lain.

Untuk lembaga kami tertibb dan terkendali

Selama pelaksanaan magang A. Sikap dan etika 1. Disiplin dan profesional. 2. Inisiatif dan proaktif. 3. Sikap sopan dan ramah. B. Interaksi dan komunikasi 1. Bangun hubungan baik. 2. Jangan malu bertanya. 3. Dengarkan dan pelajari C. Pelaksanaan tugas 1. Pahami deskripsi pekerjaan. 2. Bertanggung jawab dan tepat waktu. I 3. Terbuka terhadap umpan balik

Tagihan pembelajaran dr kampus seharusnya lebih banyak, tidak hanya 4 Rpp karena biasanya mahasiswa mengikuti juknis kampus.

jaga sikap, komunikasi aktif, manfaatkan waktu secara efektif, dan tingkatkan kerjasama;

Mengajar sesuai dengan jam yangvsudah diberikan oleh guru pembimbing

Tetap mematuhi aturan yang berlaku disekolahan yg ditempati dan menjaga adab dan perilaku setiap peserta magang dengan baik agar terjalin hubungan yang lebih baik dengan pihak sekolah dan guru gurunya

Alhamdulillah sudah bagus, sesuai standart ketentuan lembaga

Dosen pamong bisa datang melihat progres pencapaian mahasiswa, minimal sebulan sekali utk refleksi bersama terimakasih.

Untuk yang piket kebiasan menyambut datang siswa datangnya mahasiswa kurang pagi

Ditambah lagi ketertiban kerapian kebersihan dan kekompakan

Disiplin, integritas tinggi, loyalitas, proaktif di semua kegiatan madrasah karena ini adalah kesempatan untuk mendapatkan pengalaman di lapangan, santun, dan menjujung tata tertib dimanapun berada karena setiap lembaga memiliki peraturan yang berbeda.

Sering berkoordinasi dengan Guru Pembimbing Magang

Mohon penjelasan, ketika Dosen Pendamping (Ibu ST Noer Farida) memberikan sambutan, beliau menyampaikan mahasiswa ada 1 hari utk sempro selebihnya fokus magang , tetapi mahasiswa menyampaikan setelah sempro lanjut bimbingan skripsi.

Untuk memastikan proses magang berjalan dengan baik dan lancar, kami sarankan agar peserta magang : 1. Memiliki komunikasi yang efektif dengan pembimbing, guru pamong dan staf instansi. 2. Mengikuti jadwal dan aturan yang telah disepakati. 3. Aktif dalam mencari pengalaman dan pengetahuan baru. 4. Mencatat dan merefleksikan pengalaman magang secara teratur. 5. Berani bertanya dan meminta bantuan jika diperlukan.

Tetap menjaga adab dan etika. Selain itu mohon bersikap aktif dalam magang seperti sering komunikasi dengan guru pamong. Selain itu jangan sungkan utk bertanya kepada guru pamong atau guru yg berwenang apabila ada yg belum dimengerti/dipahami atau utk pengembangan dirinya

Untuk serius dalam melaksanakan magang

Mahasiswa magang baiknya tidak menunggu informasi dari kami, Tidak hanya mengajar di kelas tapi membantu segala administrasi sekolah dan mengikuti semua kegiatan yang ada disekolah, agar lebih akrab dan layaknya bekerja.

Gunakan metode2 pembelajaran yg up to date

Tingkatkan kepedulain, pembimbingan, pengarahan kepada siswa karena mahasiswa magang sudah menjadi bagian penting dari madrasah saat melaksanakan magang

Mohon untuk mahasiswa magang lebih disiplin lagi menjalankan tugas di madrasah

Sementara ini sudah baik, akan saya kumpulkan setiap hari rabu untuk evaluasi, sebagaimana peserta magang sebelumnya,,,

Peserta magang sebaiknya tetap mengikuti peraturan sekolah sampai pada akhir waktu magang yg telah ditentukan

Alhamdulillah cukup baik

Kami sampaikan selamat datang bagi seluruh peserta magang, kami berharap kehadiran dari seluruh peserta magang pada lembaga kami dapat memberikan warna baru, ilmu baru, teman baru, guru baru dan pengalaman baru yang manfaat dan barokah, juga kami sampaikan kepada seluruh peserta magang untuk selalu semangat, yakin dan percaya diri, eksplore semaksimal mungkin untuk mempersiapkan diri menjadi calon pendidik yang sering kita sebut dengan “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”

Ditempat magang adalah tempat untuk belajar & mencari pengalaman yang sebanyak-banyaknya. Jadi, jangan takut untuk mencoba berkreasi & bertanya. Jangan takut gagal, tapi takutlah jika belum mencoba. Semoga pengalaman & kesempatan ini, menjadikan pendidik yang berkarakter dan berkompeten nantinya.

Proaktif dan Inisiatif: Bersikap proaktif dalam mencari tugas dan inisiatif dalam membantu pekerjaan di instansi mitra. Jangan menunggu instruksi, tetapi tunjukkan semangat belajar dan berkontribusi.

Belum ada karena terlaksana dengan lancar

Untuk sementara saran nihil

Untuk sementara ini tidak ada.

 

Adapun untuk Prodi MPI sampai artikel ini dirilis belum ada yang mengisi monev. Hal ini bisa dimaklumi karena sebagian memang masih ada mahasiswa dari fakultas berbeda yang magang di lembaga sehingga belum dimungkinkan untuk memulai magang FTIK. Namun, dari pantauan laboratorium sudah ada beberapa yang melaksanakan pembukaan, seperti di Kemenag Nganjuk, Kemenag Kota Kediri, Cabdin Wilayah Blitar, dan Dinas Blitar.


 Semoga sukses, lancar, dan maksimal magangnya.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masjid Sebagai Pusat Syi'ar Islam

 Masjid Sebagai Pusat Syi'ar Islam Hadirin Jama’ah jum’ah yang dimuliakan Allah, Mengawali khuthbah jum’at kali ini, khatib mengajak d...