Derajat Pemilik Ilmu

 

Derajat Pemilik Ilmu

(Seri Ihya’ Ulum Al-Din)



Keutamaan pemilik ilmu atas yang lainnya, sudah tidak diragukan lagi. Ada banyak keterangan yang menjelaskan keutamaan ‘alim atas orang-orang jahil. Bahkan, Al-Qur’an membandingkan keduanya sebagaimana perbandiang seorang yang buta dan yang bisa melihat. Tentu, ini menunjukkan bahwa ada kesenjangan jauh antara ahli ilmu dengan mereka yang bukan ahli ilmu.

Orang yang bukan ahli ilmu, diumpamakan seperti seorang buta yang tidak bisa melihat sekelilingnya. Mereka tidak bisa menyaksikan lingkungannya yang indah, bahkan untuk sekadar berjalan saja, mesti menggunakan perantara yang bisa membantunya agar tidak berjalan ke tempat yang salah, semisal tongkat atau membutuhkan bantuan seorang yang bisa menunjukkan jalan baginya.

Sedangkan mereka yang ahli ilmu, laksana seorang yang bisa melihat. Mereka bisa menyaksikan keindahan alam sekelilingnya, menikmatinya, sekaligus mensyukurinya. Allah swt. memberikan kesempurnaan penglihatan kepada mereka sehingga mereka mengetahui secara pasti keadaan sekelilingnya sehingga tidak menghawatirkan jika mereka terjatuh ke lubang galian di tengah perjalanannya.

Diantara hadis yang menerangkan tentang derajat seorang berilmu yang dirujuk oleh Al-Ghazali dalam Ihya’ Ulum Al-Din nya adalah hadis berikut:

أقرب الناس من درجة النبوة أهل العلم والجهاد، أما أهل العلم فدلوا الناس على ماجائت به الرسل وأما أهل الجهادفجاهدوا بأسيافهم على ما جائت به الرسل (رواه أبو نعيم)

Artinya: “Manusia yang paling dekat (derajatnya) dari derajat kenabian adalah ahli ilmu dan jihad. Adapun ahli ilmu, mereka menunjukkan manusia kepada apa yang dibawa para rasul. Adapun ahli jihad, mereka berjihad dengan senjata-senjata (pedang-pedang) mereka untuk (menegakkan) apa yang dibawa oleh para rasul.” (HR. Abu Nu’aim).

Sanad hadis ini lagi-lagi dinilai dha’if oleh para ahli hadis. Tentu, dengan penilaian ini, maka dalam pandangan ulama ahli hadis, riwayat ini tidak cukup untuk dijadikan hujjah, paling banter hanya bisa dijadikan sebagai fadhail al-a’mal. Namun demikian, Fakhrudin Faiz dalam salah satu ceramahnya pernah menyatakan, bahwa saat menukil hadis, Al-Ghazali tidak sekadar melihat pada sisi riwayat secara dhahirnya. Tetapi, ia melibatkan indera rasa “dzauq”, sehingga meskipun terkadang hadis tersebut dipandang lemah, namun jika bagi Al-Ghazali, secara “dzauq” hadis tersebut “wangi”, tetap saja ia menukil dan menjadikannya sebagai rujukan.

Dalam redaksi hadis di atas, ahli ilmu memiliki kedudukan yang istimewa, yakni menempati posisi yang paling dekat dengan posisi “nubuwwah”, kenabian. Di dunia ini, tidak ada posisi yang lebih tinggi bagi makhluk, melebihi posisi seorang yang terpilih sebagai nabi dan rasul. Pemahaman ini tentu sudah menjadi “ittifaq”, kesepakatan diantara para ahli ilmu khususnya, dan umat muslim pada umumnya. Nabi dan rasul merupakan seorang yang terpilih sebagai utusan untuk menyampaikan risalah kepada manusia.

Para rasul, dibimbing oleh petunjuk wahyu. Mereka tidak melakukan hal apapun kecuali dengan petunjuk wahyu. Allah swt. menegaskan hal ini dalam Al-Qur’an, “Dan tidaklah ia (Muhammad), mengatakan sesuatu dengan (menuruti) keinginan nafsunya. Tidaklah (yang diucapkan itu) melainkan wahyu yang diwahyukan.” (Qs. Al-Najm (53); 3-4).

Al-Ghazali secara khusus membahas tentang hal ini dalam kitabnya, Al-Risalah Al-Ladunniyyah. Para rasul memiliki jiwa totalitas dalam menerima semua ketentuan dari-Nya. Oleh karena totalitasnya tersebut, jiwa ini mampu menerima “pengajaran langsung” dengan kadar yang melebihi jiwa yang kadar “totalitas” nya berada di bawahnya. Ilmu yang dituangkan ke dalam hati para rasul, bersumber dari “wahyu” yang secara langsung dituangkan ke dalam hati mereka. Berbeda dengan manusia pada umumnya.

Para ahli ilmu memiliki derajat yang paling dekat dengan derajat kenabian, oleh sebab para nabi tidak mewariskan harta, baik berupa dinar, dirham maupun lainnya. Satu-satunya warisan dari para nabi adalah ilmu. Karena itu, ahli ilmu memiliki derajat paling dekat dengan para nabi. Tetapi, ilmu yang seperti apa yang menunjukkan pada derajat ahli ilmu yang dekat dengan derajat nabi? Tentu hal inilah yang perlu untuk dikaji lebih dalam lagi.

Meskipun redaksi dari hadis tersebut bersifat umum, bahwa para ahli ilmu lah yang paling dekat dengan derajat “kenabian”, agaknya perlu dicermati ilmu yang seperti apa yang dimaksud di dalam hadis ini. Tentu, setiap orang memiliki sudut pandang beragam dalam menafsirkan hadis ini. Mungkin saja, ada yang menafsirkannya sebagai semua ilmu, ilmu agama, ilmu tauhid, atau yang lainnya. Ini tidak terlepas dari kecenderungan yang dimiliki setiap orang, dan menurut hemat penulis, sah-sah saja bagi siapapun memahami sesuai dengan sudut pandangnya. Yang paling penting, jangan memaksakan pandangan tersebut kepada orang lain, yang ujungnya menyalahkan setiap pandangan yang berbeda dengannya. Akan lebih bijak, jika menghargai setiap perbedaan, karena boleh jadi yang kita yakini kebenarannya boleh jadi “salah” karena keterbatasan akal yang kita punya.

Saya lebih sepakat jika ilmu yang dimaksud di dalam redaksi hadis tersebut adalah ilm al-nafi’. Yakni ilmu yang bisa menuntun pemiliknya untuk semakin dekat kepada-Nya, semakin tunduk patuh pada perintah-Nya, semakin menambah rasa takut kepada-Nya. Pemahaman ini, tanpa memilah ilmu umum dan agama. Bagi saya, semua ilmu bersumber dari sumber yang sama, yakni Sang Pemilik Kehidupan, Allah swt. Oleh sebab itu, tidak ada ilmu yang terlahir tanpa kehendak-Nya, karena itu, semua ilmu pada hakikatnya, jika disyukuri dan dimanfaatkan sebaik mungkin akan semakin mendekatkan diri kepada-Nya. Semakin menambahkan rasa kekaguman pada keagungan Sang Khaliq yang tanpa batas. Itulah yang,-menurut saya, diisyaratkan oleh Al-Qur’an dengan redaksinya:

وَمِنَ النَّاسِ وَالدَّوَابِّ وَالْأَنْعَامِ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ كَذَلِكَ إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ غَفُورٌ (28)

Artinya: Dan demikian (pula) di antara manusia, binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama. Sesungguhnya Allah Maha perkasa lagi Maha Pengampun. (Qs. Al-Fathir (35); 28)

Ayat ini, -menurut saya, merupakan pijakan bahwa “patokan” utama ilmu yang dimaksud pada hadis yang menyebut ahli ilmu sebagai seorang yang paling dekat pada derajat kenabian. Terlebih lagi, jika melihat pada awal ayat ini justru dikaitkan dengan pengetahuan tentang ayat kauniyah, berupa manusia, binatang melata dan hewan ternak. Sehingga penulis lebih condong bahwa ilmu yang dimaksud adalah ilmu yang semakin meningkatkan rasa “khauf” kepada Allah swt., dimana ilmu semacam ini dita’rifkan Al-Ghazali sebagai ‘ilm al-nafi’.

Derajat selanjutnya adalah para mujahid. Orang senantiasa bersungguh-sungguh dalam upaya memperjuangkan dan menegakkan apa yang datang dari para nabi dan rasul. Mereka dengan harta, jiwa dan raganya berjuang tanpa lelah agar perjuangan rasulullah saw. bisa tetap lestari sampai menjelang kiamat. Allahu A’lam.

Komentar