Hak - Hak Kedua Orang Tua



Hak – hak Kedua Orang Tua

Kedua orang tua adalah sebab adanya seseorang. Andai tidak karena kesungguhan mereka, seseorang tidak akan bisa istirahat. Tanpa susah payah mereka berdua, seseorang tidak akan merasakan kenikmatan.

Adapun ibunya, ia telah dan melahirkannya dengan kepayahan.

Ayahnya, telah mencurahkan tenaganya untuk mendidik jasad dan jiwanya.

Karenanya wajib bagi seseorang untuk mengingat nikmat yang diberikan keduanya dan  mensyukurinya. Ia juga harus melaksanakan perintahnya, kecuali jika perintah itu adalah maksiat, duduk dengan rendah hati dan menjaga pandangannya dari keduanya. Ia tidak boleh menyakitinya meski hanya dengan kata “ah”. Tidak memperpanjang debat dengannya dan tidak berjalan didepannya melainkan untuk melayaninya. Ia harus memanggilnya dengan penuh kasih sayangnya dan memohonkan ampunan atas kesalahannya. Ia juga harus mengajaknya mengerjakan yang ma’ruf dan mencegahnya dari perbuatan yang munkar supaya bisa menjadi sebab keselamatan keduanya dari api neraka sebagaimana ia menjadi sebab keberadaannya di dunia. Allah Ta’ala berfirman: 

وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا (23) وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا (24)

Artinya: Dan Tuhanmu telah mewajibkan kepadamu agar kalian tidak menyembah kecuali kepada-Nya dan berbuat baik kepada kedua orang tua. Adakalanya salah satu diantara keduanya atau keduanya bersamamu sampai usia tua. Maka, janganlah kamu mengatakan ‘ah’  kepada keduanya, jangan membentak keduanya, dan berkatalah kepada keduanya dengan perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu untuk keduanya karena kasih sayang dan katakanlah, “Duhai Tuhanku kasihanilah mereka sebagaimana mereka mendidikku di waktu aku masih kecil”. (Q.S. al-Isra’ (17); 23-24)

Ingatlah hal ini, terutama ibu, tambahkanlah kebaikan kepadanya, karena Nabi SAW bersabda:

بر الوالدة على الولد ضعفان

Artinya: Berbuat baik kepada ibu bagi seorang anak itu dua kali (dari berbuat baik anak kepada ayah)

Semoga Bermanfaat...
Allahu A'lam...

Komentar