Jumat, 19 Mei 2017

Profil Penulis



Profil


Muhamad Fatoni, M.Pd.I, Lahir di Blitar, 23 Februari 1984. Lahir dari pasangan suami istri, Supoyo dan Siti Syamsiyah. Memiliki empat orang saudara, Miftahul Hadi, Muhamad Fatoni, M.Pd.I, Istighatsatul Jazilah, Khuzaimatun Nikmah, S.Pd.I.




Lahir dari keluarga petani, disebuah desa kecil bernama Slemanan Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Saat ini penulis tinggal di desa tersebut di sebelah rumah orang tuanya.


Tahun 2012 penulis mempersunting seorang gadis yang tidak lain adalah salah satu di antara mahasiswinya yang masih menempuh kuliah S1 semester 6 pada Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah bernama Englia Dwikayushi Anggraini, S.Pd.I putri dari pasangan suami istrim Drs. Yuswan Efendi dan Muslihah dari desa Damarwulan Kecamatan Kepung, Pare, Kediri. Dari pernikahan ini penulis telah dikaruniai dua orang putri bernama, ‘Izzatun Nisa’ Amalia Fathoni dan Lathifatul Karimah Shidqiya Fathoni.




Masa kecil dihabiskan penulis bersama kedua orang tua di desa Slemanan dengan membantu keduanya di sawah, mencari rumput untuk ternak (kambing dan sapi). Selain itu penulis juga bekerja serabutan pada seorang kaya di desa, bernama H. Surkan suami dari H. Sundari sebagai kuli di sawah. 


Pendidikan formal penulis di tempuh mulai jenjang Taman Kanak – kanak di TK Dharma Wanita Sukorejo (1989), SDN 01 Slemanan (1990 – 1996), MTsN Kandat (1996 – 1999), MA Arrasyad (1999 – 2002), S1 STAIN Tulungagung pada Program Studi Bahasa Arab (2002 – 2006), dan S2 STAIN Tulungagung pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (2007 – 2009).


Penulis juga pernah mengenyam pendidikan non formal di Madrasah Mafatihul Huda dan Pondok Pesantren Mambaul Ulum Sempu Sukorejo Udanawu Blitar (Doktrenmu) dengan status sebagai santri laju/kalong (1994 – 2001). Selain itu pernah belajar di Pesantren Sirajuth Thalibin Sri Gading Plosokandang Kedungwaru Tulungagung saat menempuh jenjang S1.


Semasa kuliah penulis juga aktif dalam kegiatan ekstra maupun intra kampus. Penulis sempat tercatat menjadi ketua Rayon PBA PMII Komisariat Sunan Ampel, Wakil Ketua HMPS PBA, ketua OC Diklat koperasi Indonesia se-PTAIN Indonesia bagian timur di hotel Tanjung dan beberapa kegiatan keorganisasian yang lain.


Pengalaman mengajar penulis dapatkan dari beberapa jenjang pendidikan, di antaranya, SDI Qurrota A’yun Ngunut Tulungagung, MTs Darul Hikmah dan MA Darul Hikmah di bawah naungan Pondok Modern Darul Hikmah di desa Tawangsari Kedungwaru Tulungagung, STAIN Tulungagung dan IAIN Tulungagung sampai saat ini. Saat ini penulis tercatat sebagai Dosen Tetap Bukan PNS di IAIN Tulungagung dengan unit kerja pada UPT Ma’had al-Jami’ah IAIN Tulungagung.


Saat ini penulis sedang berusaha menekuni dunia literasi meski belum memiliki buku individual yang diterbitkan. Namun, alhamdulillah setidaknya penulis pada tahun 2017 ini telah ikut serta berkontribusi dalam penulisan buku antologi dengan tema Inspirasi dari Ruang Kuliah. Selanjutnya beberapa tulisan penulis sedang dalam proses di buku antologi yang lain dan satu buku individu yang masih dalam tahap belum jelas. Semoga saja bisa terbit. Paling tidak kehadiran satu buku antologi telah memberikan satu suport bagi penulis untuk semakin menekuni dunia literasi.


Terima kasih yang tak terhingga saya sampaikan kepada DR. Ngainun Naim, M.H.I. yang telah menularkan virus literasinya setelah saya menikmati satu sajian bukunya yang tertuang pada buku literasi “The Power of Writing”-nya.  Sungguh satu karya yang sangat menginspirasi dan memprofokasi saya untuk belajar menulis. 


Saat ini penulis sangat berharap untuk bisa menjadi penulis dalam arti yang sebenarnya, bukan hanya sekedar menulis. Tetapi, untuk saat ini penulis sadar betul akan kemampuannya yang belum seberapa, masih jauh dari kata “layak” untuk disebut penulis. Oleh karena itulah blog ini dibuat sebagai sebuah sarana dan media bagi penulis untuk belajar dan mengasah kemampuan disamping juga untuk berbagi dengan sesama.


Penulis bisa dihubungi melalui alamat email, muhamadfatoni5@gmail.com, No HP 085 646 854 742. Adapun akun blog. Fatoni23.blogspot.com. Semoga saja semua ini diridlai Allah SWT dan mendapat Syafaat Rasulullah, Muhammad SAW serta jangkungan do’a restu dan nadhroh Ghautsu Hadza Zaman sehingga menjadi hal yang bermanfaat dan barakah dunia dan akhirat. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar