Senin, 29 Mei 2017

Pesantren Kilat Ramadlan



Pesantren Kilat Ramadlan
(Ma’had al-Jami’ah IAIN Tulungagung)

Ustadz Nasikhin Sedang Mbalah Kitab


Sabtu (27-05-2017), Ma’had al-Jami’ah IAIN Tulungagung memulai program Pesantren Kilat Ramadlan untuk pertama kalinya. Acara ini dilaksanakan sebagai program pemantapan dan pembekalan mahasiswa akan kebutuhan mereka tentang pemahaman kitab – kitab turats yang dikarang oleh para ulama salaf shalih.

Program ini akan dilaksanakan mulai 27-05-2017 sampai dengan tanggal 09-06-2017. Program ini dilaksanakan secara maraton tanpa mengenal hari libur. Jadi meskipun hari sabtu dan minggu acara ini tetap dijalankan. Para murabbi dan musyrifah berjibaku untuk menyukseskan agenda ini bersama – sama.

Kitab yang dijadikan kajian pada Pesantren Kilat Ramdlan kali ini adalah Safinat al-Shalah, Taisir al-Khalaq dan ‘Usfuriyyah. Safinat al-Shalah adalah kitab yang secara khusus mengkaji tentang shalat dan berbagai problematika yang ada di dalamnya. Kajian ini dirasa penting mengingat shalat adalah ibadah utama yang harus mendapatkan perhatian khusus dari seorang muslim. Pada kenyataannya beragamnya latar belakang mahasiswa yang masuk ke IAIN Tulungagung juga menjadi perhatian serius karena tidak jarang di antara mahasiswa yang berasal dari sekolah umum yang kurang memahami dan mengerti mengenai kaidah – kaidah syar’iyah dalam shalat.


Mahasantri tampak antusias mengikuti pengajian
 
Sedangkan Taisir al-Khalaq adalah kitab yang mengkaji seputar tata cara kehidupan sehari – hari. Mengajarkan tentang akhlak mulia yang harus diperhatikan oleh seseorang dalam kehidupannya. Termasuk di antaranya adalah tentang ketaqwaan kepada Allah, adab seorang guru, penuntut ilmu, adab kepada orang tua dan lain sebagainya. Hal ini penting sekali disampaikan dan diberikan kepada mahasantri agar setelah mereka tamat kelak, mereka tidak lagi canggung dan kebingungan dalam berhubungan dengan masyarakat yang ada di sekelilingnya. 

Adapun 'Usfuriyyah adalah kitab yang banyak berisi tentang petuah – petuah dan kalam hikmah yang disampaikan oleh para salaf shalih. Mempelajari kitab ini, mahasantri akan mendapatkan banyak informasi dan hikmah – hikmah dan petuah yang bisa mereka jadikan sebagai pegangan mereka dalam kehidupan sehari – hari.

Meski Pesantren Kilat Ramadlan ini dilaksanakan untuk kali pertama, namun tampaknya kegiatan ini mendapatkan sambutan yang sangat positif dari mahasantri IAIN Tulungagung. Tidak tanggung – tanggung peserta yang mengikuti kegiatan ini diperkirakan mencapai sekitar tiga ratusan mahasantri, baik mereka yang mukim di asrama Ma’had al-Jami’ah maupun mahasantri laju yang berangkat dari kos – kosan, kontrakan maupun dari desa tempat mereka tinggal. Mudah – mudahan tahun depan acara serupa masih bisa digelar di kampus IAIN Tulungagung tercinta.

 Mahasantri tampak Khusyu' Menyimak Penjelasan Ustadz

Adapun tempat kegiatan ini dipusatkan di aula utama gedung Pascasarjana lantai lima. Gedung yang masih dalam tahap penyelesaian dengan sarana dan prasarana seadanya. Suasana yang masih agak panas disiang bulan Ramadlan, namun tidak menyurutkan semangat mahasantri untuk tetap belajar dan menuntut ilmu. Semoga Allah memberikan Ridla-Nya dan memberikan ilmu manfaat dan barakah kepada mereka semua, dan pada akhirnya mereka semua dijadikan “Khaira Ummatin” yang menyeru kepda yang ma’ruf, mencegah dari yang mungkar di kemudian hari. Amin.

 Semoga Bermanfaat...
Allahu A'lam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar