Sabar

Sabar

Mudah diucapkan sulit direalisasikan. Begitu kira - kira istilah ini diartikan. Tentu bukan definisi yang mewakili sebagai ta'rif yang sesuai dengan kaidah yang tepat. Hanya saja pemaknaan sederhana untuk menggambarkan realitas yang melingkupinya.




Ya, diakui maupun tidak, demikianlah adanya. Sabar terasa ringannya keluar dari bibir seorang penasehat. Namun, terasa berat bagi mereka yang menjalaninya. Lebih berat dari mengangkat beban. Bila beban, fisik saja yang merasa kecapaian. Tetapi, bila ke'sabaran', tidak hanya fisik yang musti menanggungnya, melainkan fisik, fikiran dan hati. Itulah mengapa kesabaran sejatinya lebih berat daripada sekedar mengangkat beban. Tidak heran bila banyak orang yang tak kuasa mempertahankannya.

Namun, seperti apapun beratnya kesabaran itu, selayaknya dan seharusnya tetap dipertahankan. Berat! Ya memang. Tetapi siapa  yang bersabar, ia akan bersama Tuhannya. Dijaga, dicukupi dan dilindungi. Itulah janji-Nya. Saat tiada lagi yang mampu menjaga kita, maka hanya satu perlindungan saja yang bisa kita harapkan. Yaitu perlindungan dari-Nya, Yang Maha di atas segalanya.

Belajar dari kisah serial 'Mahabharata'. Saat semua yang berbicara atas nama kebenaran, terdiam seribu bahasa, tak kuasa menahan ke angkara murkaan karena ikatan sumpahnya, hingga upaya penelanjangan wanita mulia dilakukan, namun tak satupun mampu berbuat apa2. Pancali pun berkata, "Melindungiku bukan lagi tugas kalian, tiada lagi diantara kalian yang sanggup melindungiku. Jika memang terlindungi, maka Yang Kuasa lah yang akan melindungiku".

Maaf tidak perlu mendebat, cerita itu tidak berasal dari agama yang sama dengan agama yang kita yakini kebenarannya. Tetapi ada substansi yang sama. Keimanan dan tawakkal sepenuhnya pada Yang Kuasa.

Begitulah kira - kira pelajaran yang bisa kita ambil. Saat badai ujian datang mendera, saat tiada lagi sanak, teman dan handai tolan yang bisa kita andalkan. Ingatlah, Dia Yang Kuasa bisa melakukan apa saja. Sabarlah, serahkan semua pada-Nya, karena Dia akan menuntunmu keluar dari keterpurukanmu.

Efek#nonton#Mahabharata#Semoga#
#bermanfaat#Keepsabar#

Komentar